Kamis, 10 Mei 2012

Ciri-ciri Orang Kreatif

Seperti apakah orang kreatif itu? Sifat-sifat apa yang dimiliki oleh orang kreatif? Apakah kreatif itu merupakan sifat keturunan? Bagaimana cara agar menjadi kreatif?
Sebelum kita mencari cara untuk menjadi kreatif, akan lebih jika kita lebih dulu mengenal seperti apa sifat orang kreatif itu. Sebab dengan mengenal sifat orang kreatif, kita bias mencari cara untuk melakukannya.
Orang kreatif bias kita kenali dari beberapa sifat yang mereka miliki. Sifat-sifat ini antara lain:
Ingin tahu - orang yang selalu ingin tahu biasanya akan selalu berusaha untuk menjadi tahu. Rasa ingin tahu yang besar bias menjadi sumber motivasi untuk melakukan sesuatu. Orang yang kreatif selalu terlihat sangat antusias dengan apa yang dikerjakannya. Itu karena adanya dorongan rasa ingin tahu yang kuat.
Masalah – orang yang kreatif melihat permasalahan sebagai hal yang menarik, dan mau mnerima permasalahan tersebut. Orang kreatif tidak lari dari permasalahan, mereka malah asyik mencari-cari seolusinya.
Menantang – orang yang kreatif tidak akan lari dan menghindar bila diberi tantangan. Banyak orang yang menjadi sukses setelah diberi tantangan dan menerima tantangan tersebut sebagai sebuah kesempatan.
Tidak puas – orang kreatif tidak pernah menerima begitu saja hal-hal yang dianggapnya salah. Hal ini membangkitkan motivasi untuk mencari dan menemukan hal-hal yang bias membuat sesuatu jdai lebih baik. Semangat untuk membangun inilah yang membuat meraka menjadi kreatif.
Optimis – orang kreatif bekeyakinan bahwa setiap masalah pasti ada solusinya. Hal ini membuat mereka tidak membiarkan dirinya tengelam dan berdiam diri menghadapi pemasalahan.
Menilai – orang kreatif tidak gampang memberikan penilaian dan mengambil sikap akan sutau ide.
Suatu ide besar pada awalnya seringkali dianggap sebagai ide yang gila. Jika kita beri penilaian bahwa ide tersebut gila dan tidak masuk akal, maka ide tersebut akan hilang dan tidak akan pernah menjadi kenyataan.
Kesulitan – dalam perjalanan menjadi kreatif tidak sedikit kesulitan yang akan menghadang. Hal inilah yang membedakan orang yang menjadi kreatif dan kurang kreatif. Orang kreatif melihat kesulitan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan. Semakin tinggi kesulitan yang dihadapi berarti semakin meningakat pula kemampuan jika bias melewatinya.
Fleksibel – Orang kreatif memiliki pemikiran dan imajinasi yang fleksibel dan tidak kaku, sehingga mereka bias melihat sebagai celah yang tidak terlihat oleh kita. Orang kreatif seringkali membuat kita terkagum-terkagum, karena dapat menyelesaikan suatu hal yang kita anggap sulit, dengan begitu mudahnya mereka melihat permsalahan dan menghasilkan solusinya.
Nah, apakah kita ada salah satu sifat orang kreatif seperti diatas dalam dirimu? Ayo, coba kamu bangun terus dirimu agar menjadi seseorang yang kreatif!   
Sumber: belajar-yuk.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar